Gangguan Facebook Bukan yang Terlama

Kamis (19/6/2014) sore sekitar pukul 15.15 WIB, situs Facebook sempat tidak bisa diakses oleh sebagian besar pengguna facebook di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Pemilik akun Facebook yang hendak terhubung atau melakukan aktivitas seperti update status, menulis di wall, atau berkomentar akan disambut pesan error sebagaimana terlihat di bawah.

Jejaring sosial terbesar di dunia ini  kembali online sekitar pukul 15.35 WIB pada hari yang sama. Jadi, situs ini mengalami gangguan selama 20 menit.

Data dari Downdetector.com menunjukkan bahwa 78 persen pengguna Facebook sama sekali tidak dapat mengakses situs itu, sementara 21 persen melaporkan tak bisa login.

Namun, gangguan hari ini bukanlah yang terlama dalam sejarah layanan Facebook.

Daily Mail mencatat bahwa terakhir kali Facebook tumbang dalam waktu lama yaitu pada Oktober 2013. Saat itu Facebook offline selama empat jam. Masalahnya terkendala pada jaringan tersebut.

Pada  awal tahun 2010, Facebook pernah  tumbang selama 2,5 jam. Selebihnya, layanan Facebook mengalami gangguan hanya dalam beberapa menit saja.

Ironisnya, pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pernah mengatakan bahwa jejaring sosialnya tak akan pernah down atau crash.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *