Bagaimanakah Memilih SIMRS yang baik?

Guna mengatasi hambatan–hambatan dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, keberadaan “Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit” sangat dibutuhkan, sebagai salah satu strategik manajemen dalam meningkatkan mutu pelayanan dan memenagnkan persaingan  bisnis.

Sistem informasi manajemen merupakan produk yang selalu berubah sesuai dengan berkembangnya sistem dan teknologi komputer. Adanya pengembangan produk dan improvisasi sangat penting dilakukan agar sistem selalu up to date sesuai dengan kebutuhan Mitra Usaha

Pemilihan Produk, untuk mendapatkan produk yang teruji dan tepat bagi Rumah Sakit dapat dilakukan beberapa cara:

Pertama, Rumah Sakit dapat mengajukan permintaan presentasi kepada Pengembang untuk melakukan pemaparan produk di Rumah Sakit. Perlu diingat bahwa produk yang baik adalah produk yang “Tepat Guna” bagi Rumah Sakit. Kami menemui banyak kegagalan karena produk yang sangat komplek tetapi tidak aplicable di Rumah Sakit, atau produk yang terlalu sederhana sehingga tidak dapat mendukung operasional Rumah Sakit.

Kedua, Rumah Sakit dapat melakukan verifikasi pada Rumah Sakit yang sudah menerapkan produk dari Pengembang tersebut untuk melakukan verifikasi

Pemilihan Pengembang, banyak Pengembang yang terlihat bagus di atas kertas, tetapi tidak seperti yang diharapkan pada saat Pekerjaan berjalan. Untuk mendapatkan Pengembang yang baik dapat dilakukan beberapa cara:

Pertama, melihat hubungan antara Rumah Sakit dengan Pengembang yang sudah berjalan. Pekerjaan SIMRS merupakan Pekerjaan jangka panjang, biasanya dengan selesainya Pekerjaan Utama maka dilanjutkan dengan Pekerjaan Pemeliharaan. Untuk mengetahui seberapa baik hubungan antara Pengembang dengan Rumah Sakit, salah satu indikatornya dapat dilihat dengan jumlah dan lama Pekerjaan Pemeliharaan yang ditanggani oleh Pengembang. Semakin banyak dan lama Pekerjaan Pemeliharaan membuktikan hubungan yang baik antara Pengembang dan Rumah Sakit.

Kedua, melihat kekuatan personil Pengembang. Personil harus mempunyai kekuatan di semua tahapan Pekerjaan untuk mendukung Pekerjaan dari awal hingga serah terima. Tahap Business Rules Design dibutuhkan Tim Konsultan yang Handal, tahap Aplication Design dibutuhkan Tim Sistem Analis yang Handal, tahap Coding Aplication dibutuhkan Tim Programer yang Handal dan untuk tahap Implementation di butuhkan Tim Implementator yang Handal. Semua tahapan harus mempunyai Tim yang Handal. Banyak Pengembang yang hanya menekankan pada Tim Perancang dengan banyaknya personil yang mempunyai gelar-gelar yang memukau, tetapi gagal di Implementasi karena tidak didukung Tim Implementator yang baik.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *